MEMINDAH FOLDER CACHE MOZILLA KE DRIVE LAIN

langsung saja kali ini saya akan memberitahukan kepada anda bagai mana langkah langkah yang harus di lakukan

sebelum ke pokok permasalahan kita harus mengerti dulu apa itu cache ......?????
mungkin ada sudah tau tentang apa itu cache .....>>>?
ya ...!!!
cache adalah
perantara yang menampung informasi antara anda dan tujuan anda. Biasanya, perantara tersebut letaknya lebih dekat dan lebih cepat di akses oleh pemakai.
Fungsi utamanya adalah menghemat waktu dengan cara mempercepat akses.


 Contoh:
RAM / Memory Cache: Memori tambahan yang berada antara CPU (pemakai) dengan RAM itu sendiri, sehingga apabila ada data yang perlu dipakai berulang-ulang, tidak perlu diminta ke RAM, tapi bisa ambil di RAM Cache. Saat ini, RAM Cache biasanya diletakkan didalam CPU itu sendiri.

Disk Cache: Memori yang digunakan sebagai buffer antara pemakai dan hard disk, sehingga saat anda ingin membuka file yang sama berkali-kali, tidak perlu dibaca di harddisk tapi cukup dari memori buffer tersebut. Jadinya lebih cepat, karena kecepatan memori lebih cepat daripada harddisk.

Web Cache: Ruang harddisk yang berada diantara pemakai dengan Internet, sehingga saat anda (dan orang lain) ingin membuka web site yang sering dikunjungi, sistem komputer anda akan mengambil data tentang web tersebut dari harddisk, tidak perlu repot-repot download dari Internet lagi.

Web Proxy Cache: Ini mirip dengan Web Cache lokal di harddisk, tapi posisinya berada di Server yang berada di Network anda. Jadi semua pemakai di Network saat mengakses Web Site yang sama, Network tersebut tidak perlu semuanya men download Web yang sama berulang-ulang, tapi cukup Server Proxy tersebut yang men-download dan nantinya membagi-bagi ke pemakai. Jadi lebih hemat bandwidth juga.

setelah kita mengerti tentang cache
kita ke pokok permasalahan

yaitu memindah folder cache pada mozilla Firefox

langkah langka nya yaitu

  1. Buka Firefox lalu ketik about:config di address bar <enter>
  2.  
  3. Akan muncul peringatan, klik saja I'll be carefull, I Promise!
  4.  
  5. Klik kanan di mana saja > New > String
  6.  
  7. Masukan browser.cache.disk.parent_directory di kotak preference name lalu klik OK
  8. Kemudian di Kotak yang terakhir masukan path directory tempat cache firefox tadi misalkan saja di d:\firefox kemudian OK dan restart firefox, bukalah sebuah halaman website. Untuk memastikan sudah pindah ke drive d: coba periksa di drive d: adakah folder firefox dan didalamnya terdapat folder cache.
Selamat mencoba ...

semoga bisa bermanfaat bagi anda
wasalamualaikum

Comments