mengenal perpustakaan

apa anda pernah ke perpustakaan ...?
apa anda pernah membaca buku di perpustakaan ,,,?
mungkin anda sering ...?

langsung saja disini saya akan membahas lebih dalam lagi tentang perpustakaan

Perpustakaan khusus adalah perpustakaan yang berfungsi sebagai pusat rujukan dan penelitian. Perpustakaan khusus juga berfungsi memperlancar pelaksanaan tugas lembaga induk yang menaunginya. Yang membedakan perpustakaan khusus dari perpustakaan jenis lainnya terutama pada jenis koleksi dan pemakai perpustakaan tersebut.
Koleksi (buku, majalah, koleksi digital) yang ada di perpustakaan khusus terbatas pada satu atau beberapa subjek saja. Hal ini berbeda dengan perpustakaan umum atau perpustakaan nasional yang menyediakan literatur dari semua subjek.
Oleh karena sifat koleksinya tersebut, maka pengguna perpustakaan khusus pun terbatas pada orang-orang yang menaruh  minat secara mendalam pada subjek tertentu. Pendalaman terhadap subjek koleksi ini tidak dapat dilakukan di perpustakaan umum yang memfokuskan pada keluasan subjek, dan bukan kedalaman subjek.
Jenis Perpustakaan Khusus
Indonesia mengenal enam jenis perpustakaan khusus, yaitu:
  • Perpustakaan yang berada di bawah naungan sebuah perusahaan yang berorientasi pada tujuan mencari keuntungan.
  • Perpustakaan yang berada di dalam departemen atau lembaga negara nondepartemen. Termasuk di dalamnya adalah perpustakaan pada jenjang direktorat jenderal, direktorat, dan biro.
  • Perpustakaan yang berada di dalam lembaga penelitian dan pengembangan. Di sini perpustakaan merupakan unit penunjang kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh lembaga tersebut.
  • Perpustakaan yang ada di dalam sebuah pusat informasi dan dokumentasi.
  • Perpustakaan perguruan tinggi. Termasuk di dalamnya adalah perpustakaan di tingkat fakultas, jurusan, dan lembaga-lembaga penelitian yang ada di dalam perguruan tinggi tersebut.
  • Perpustakaan yang dikelola oleh lembaga lain dengan koleksi khusus dan pemakainya yang juga khusus.

Perpustakaan Khusus di Indonesia
Berdasarkan jenis-jenis perpustakaan khusus yang telah diuraikan di atas, maka yang termasuk ke dalam perpustakaan khusus di Indonesia adalah:
  • Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII – LIPI)
PDII LIPI bertugas melaksanakan pembinaan dan pemberian jasa dokumentasi dan informasi ilmiah sesuai dengan kebijaksanaan LIPI. Perpustakaan ini berkedudukan di beberapa kota, antara lain Jakarta dan Bandung.
  • Pusat Perpustakaan Biologi dan Pertanian (PUSTAKA)
Perpustakaan yang didirikan pada tahun 1817 ini semula bernama Bibliotheca Bogoriensis. PUSTAKA yang berkedudukan di Bogor ini merupakan perpustakaan biologi dan pertanian yang terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Perpustakaan ini berrtugas mengelola dan mengembangkan informasi perpustakaan dan publikasi ilmiah di bidang biologi dan pertanian.
  • Perpustakaan Jaringan Kesehatan dan Kedokteran
Perpustakaan ini berada di bawah naungan Departemen Kesehatan, tepatnya di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Salah satu tugasnya adalah menerbitkan Index Medicus Indonesia.
  • Perpustakaan Rumah Sakit
Perpustakaan rumah sakit bertugas memberikan layanan literatur medis kepada staf medis, paramedis, staf nonmedis, hingga pasien. Rumah sakit yang memiliki perpustakaan ini antara lain Rumah Sakit Hasan Sadikin (Bandung), Rumah Sakit Pusat Pertamina (Jakarta), dan Rumah Sakit St Carolus (Jakarta).
  • Perpustakaan Bank
Koleksi pada perpustakaan khusus ini terbatas pada subjek yang berkaitan dengan tugas bank, seperti kebijakan ekonomi, perbankan, dan kebijakan moneter.
  • Perpustakaan Departemen
Perpustakaan khusus jenis ini berada dan dikelola oleh departemen yang berada di tingkat pusat.
  • Perpustakaan Lembaga Nondepartemen
Termasuk di sini adalah Perpustakaan DPR, DPA, MA, BKKBN, Arsip Nasional, Sekretariat Negara, Lembaga Administrasi Negara (LAN), Badan Urusan Logistik (Bulog), dan Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional.
  • Perpustakaan Industri
Perpustakaan khusus jenis ini berfungsi menunjang penelitian dan pemasaran produk yang dihasilkan oleh perusahaan induk. Termasuk jenis perpustakaan ini antara lain Perpustakaan PT Bio Farma (Bandung), Perpustakaan PT Semen Gresik (Gresik), dan sebagainya.
  • Perpustakaan Lembaga Penelitian
Perpustakaan jenis ini berfungsi mengumpulkan dan menyediakan berbagai literatur mengenai suatu subjek untuk menunjang penelitian dan pegembangan yang dilakukan oleh Badan Induk. Termasuk jenis perpustakaan ini antara lain: Perpustakaan Observatorium Bosscha (Bandung), Perpustakaan Pusat Reaktor Atom (Bandung), Perpustakaan Biotrop-SEAMEO (Bogor), dan sebagainya.
  • Perpustakaan Rumah Ibadah
Termasuk di sini adalah perpustakaan masjid, perpustakaan vihara, perpustakaan pura, dan perpustakaan gereja.

nah itu tadi penjelasan dari saya semoga bisa bermanfaat bagi anda
wasalam

Comments