Saturday, August 11, 2012

cara menjernihkan minyak jelantah

Posted by Happy Nanda On 2:22 AM | No comments
langsung saja
bisa kita mulai dengan cara

Arang Sekam
Caranya dengan mencampurkan atau menggoreng arang sekam dalam kadar tertentu ke dalam minyak goreng yang telah dipakai. Satu persen saja arang sekam itu dicelupkan dalam minyak goreng panas selama 30 menit, akan menjernihkan minyak bekas yang secara kimia, fisik, maupun organoleptik, mendekati kualitas minyak yang masih segar. (penemuan dari dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY) Ir Ambar Rukmini MP,. Dengan penelitiannya ini, Ambar berhasil meraih predikat dosen terbaik tingkat PTS di Kopertis Wilayah V DIY)


2 Menggunakan Mengkudu.
Mula-mula buah mengkudu ditumbuk, lalu diperas untuk diambil sarinya. Sari inilah yang dicampur minyak goreng yang telah berulangkali dipakai. Setelah tercampur, dibiarkan selama kurang lebih 5 sampai 10 menit, selanjutnya diendapkan, dipanaskan pada suhu 50 derajat celcius, dan terakhir disaring.
Komposisinya, satu buah mengkudu dipakai untuk menjernihkan seperempatliter minyak goreng. Jangan lupa, pemilihan buah mengkudu harus benar-benar masak. (hasil penelitian sekelompok pelajar Sekolah Menengah Umum (SMU) BPPT Lamongan. Menjadi juara ketiga dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) tingkat nasional)
 

3. Arang Kayu
Ambil arang kayu lalu tumbuk sampai halus.  Masukkan gerusan arang kayu itu pada minyak jelantah.  Ukuran pemakaian, 2 kepal arang kayu untuk satu kilogram minyak jelantah.  Aduk sampai rata, tunggu sampai 5 menit lalu saring dengan kain bersih.
 
sekarang anda bisa langsung praktekkan di rumah anda
wasalam
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

DAFTAR ISI