Sejarah perkembangan akuntansi

A. sejarah perkembangan akuntansi sangat panjang akuntansi di mulai pada saat manusia telah mengenal tulisan. pada awalnya pencatatan transaksi perdagangan di lakukan dengan cara sederhana, yaitu di catat pada batu, kulit kayu, dan sebagai nya. catatan tertua yang berhasil di temukan sampai saat ini masih tersimpan, yaitu berasal dari Babilonia pada 3600 SM. penemuan yang sama juga di peroleh di mesir dan yunani kuno. pencatatan itu belum di lakukan secara sistematis dan sering tidak lengkap. pencatatan yang lebih lengkap di kembangkan di Italia setelah di kenal angka angka desimal arab dan semakin berkembang nya dunia usaha pada waktu itu.

perkembangan akuntansi terjadi bersamaan dengan di temukan nya sistem pembukuan berpasangan ( double entry system ) oleh pedagang - pedagang Venisia yang merupakan kota dagang yang terkenal di Italia pada masa itu. dengan di kenal nya sistem pembukuan berpasangan tersebut, pada tahun 1494 telah di terbitkan buku tentang pelajaran pembukuan berpasangan yang di tulis oleh seorang pemuka agama dan ahli matematik Luca pacioli dengan judul summa de arithmatica, Geometrica, proportioni et proportionalita yang berisi tentang palajaran pembukuan untuk para pengusaha. bagian yang berisi pelajaran pembukuan itu berjudul tractatus de computis et scriptoris. buku tersebut kemudian tersebar di eropa barat dan selanjut nya di kembangkan oleh para pengarang berikut nya.

sistem pembukuan berpasanga tersebut selanjutnya berkembang dengan sistem yang menyebut asal negaranya, misalnya sistem Belanda, sistem Inggris , dan sistem Amerika serikat. sistem Belanda atau tata buku di sebut juga sistem kontinental. sistem inggris dan amerika serikat disebut sistem anglo saxon. perkembangan akuntansi dari sistem kontinental ke anglo saxon pada abad pertengahan, di mulai pada saat pusat perdagangan pindah dari Venesia ke Eropa barat. Eropa barat terutama, di mulai pada saat pusat perdagangan masa revolusi industri. pada waktu itu pula akuntansi mulai berkembang dengan pesat

Comments